Kamis, 10 Maret 2011

ARUOND TOWN IN THE “NGALAM”



Around town in the ”Ngalam” (red,ngalam:malang) merupakan bagian dari kegiatan perkuliahan ”Desa Kota” atau yang sering disebut KKL kecil mata kuliah. Kami, mahasiswa Geografi 2008 UM , melakukan perjalan ini pada hari Rabu tanggal 02 Maret 2011 diawali dari pintu gerbang masuk UM dengan mengendarai motor menuju beberapa titik lokasi yang sudah direncanakan diantaranya: Alon-alon Kota (CBD), Pasar Comboran, dan Lapangan Rampal. Hasil dari KKL tersebut adalah sbb:
1.      Alon-alon Kota Malang
Alon-alon Kota Malng (CBD: Central Bussines District) merupakan pusat dari kota atau disebut inti kota. Seperti pada umumnya di dekat daerah CBD selalu ada bangunan- bangunan penting, begitu juga di tempat ini seperti tempat ibadah, bank, kantor pemerintahan, dll. Tempat ini, dahulunya merupakan lapangan terbuka hijau untuk suatu kegiatan penting masyarakat. Namun, saat ini telah beralih menjadi tempat rekreasi, berjualan, dan temptat pacaran.
2.      Pasar Comboran
Pasar Comboran merupkan selaput kota, di mana di tempat ini masih dirasakan suasana dari perkotaan terlihat dari aktivitas masyarakat. Selama perjalanan menuju Pasar Comboran dari pusat kota (CBD), banyak pedagan kaki lima (PKL) yang berjualan menggunakan badan jalan sehingga menimbulkan kemacetan lalu lintas.
     3.  Lapangan Rampal
Dari Pasar Comboran, kami melanjutkan perjalanan menuju Lapangan Rampal. Tempat ini merupakan salah satu daerah ruang terbuka hijau (RTH) di Malang. Selain sebagai RTH, tempat ini juga digunakan berbagai kegiatan, diantaranya tempat olahraga, tempta konser musik dan bazar/ekspo, dan arena latihan militer.
Demikian sekilas tentang laporan dari KKL Geografi Desa Kota, dengan harapan dari kegiatan tersebut kami lebih bisa memahami/mengerti tantang perubahan dan perkembangan kota khususnya Kota Malang.




Anda harus tahan terhadap ulat jika ingin dapat melihat kupu-kupu dan anda harus berani menghadapi hujan jika ingin melihat pelangi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar